Berita

24/09/2019 00:00

Ketua DPC IKADIN Surakarta: Pengesahan RUU KPK Hilangnya Lembaga Superbody

SOLO, (Pancaran.net) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Advokat Indonesia (DPC IKADIN) Surakarta, Muhammad Taufiq berpendapat bahwa pengesahan revisi undang-undang (RUU) KPK ialah upaya untuk menghilangkan fungsi lembaga KPK sebagai lembaga superbody. Pendapat ini disampaikan kepada wartawan melalui keterangan rilisnya pada hari Senin (23/9).

“RUU KPK yang telah disahkan nantinya akan menjadikan lembaga superbody tersebut perlahan hilang,” kata Taufiq.

Taufiq menambahkan dampak berikutnya ketika RUU disahkan yang akan terjadi ialah dipertanyakannya sikap independensi seorang penyidik KPK. Hal ini dikarenakan adanya status seorang penyidik KPK sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) justru akan membuat publik mempertanyakan kembali status KPK sebagai lembaga anti korupsi. Jika pemerintah bermaksud menguatkan KPK ada cara lain yang bisa ditempuh selain dengan pengesahan undang-undang yang justru memperlemah keberadaan KPK.

“Sinergisitas KPK dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebenarnya dapat berpotensi lebih memperkuat pemberantasan korupsi di Indonesia,” terangnya.

Taufiq menyarankan kepada pemerintah untuk melakukan sinergisitas antar lembaga dalam hal ini misalnya  sinergisitas KPK dan PPATK. Dampak positif dari sinergisitas tersebut memungkinkan KPK untuk mengawasi setiap transaksi keuangan. Khususnya transaksi keuangan yang terindikasi berpotensi sebagai tindakan pencucian uang.

“Sinergi ini bentuknya mengintegrasikan PPATK ke dalam KPK,” pungkasnya. []

 

Sumber: https://www.pancaran.net/2406/ketua-dpc-ikadin-surakarta-pengesahan-ruu-kpk-hilangnya-lembaga-superbody/

Copyright 2016 - Law Firm Muhammad Taufiq and Partners Developed by JogjaCamp