Film Kau Adalah Aku Yang Lain Beredar Luas, Puluhan Advokat Somasi Mabes Polri
SOSIAL

 

Jogja (jogja.sorot.co)--Sedikitnya 73 orang advokat dari Yogya, Solo, dan Riau yang menamakan diri Advokat Cinta Indonesia (ACI) melayangkan surat somasi ke Mabes Polri. Hal itu merupakan buntut beredarnya film berjudul Kau Adalah Aku Yang Lain, sebuah film pendek nominasi Police Movie Festival yang menuai sorotan di kalangan masyarakat.

 

"Adegan dalam film tersebut tanpa riset, mendiskreditkan suatu golongan dan atau agama tertentu. Bahkan dalam realita, hampir mustahil adengan itu terjadi di kehidupan nyata. Ini berbahaya dan bisa memicu konflik horizontal," tandas Ketua ACI, Dr Muhammad Taufiq SH MH, kepada awak media di Yogyakarta, Selasa (11/7/2017) siang.

 

Dalam surat somasi yang dilayangkan Selasa ini, ACI menuntut Mabes Polri bertanggung jawab terhadap penayangan film karya Anto Galon tersebut dengan secepatnya menghapusnya dari seluruh saluran media milik Divisi Humas Mabes Polri. Mereka juga menuntut polisi meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Indonesia. 

Jika somasi tak digubris, maka ACI bersiap melakukan langkah hukum berupa gugatan perdata maupun pidana terhadap Mabes Polri dalam hal ini Kapolri dan Divisi Humas, produser dan sutradara film, serta pihak sponsor.

 

"Konten film ini juga termasuk dalam ujaran kebencian terhadap golongan dan atau agama tertentu, bertentangan dengan UU 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 156 KUHP. Seharusnya Mabes Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat peka terhadap kondisi bangsa saat ini," imbuh Taufiq.

 

Sementara itu, Sekretaris ACI, Romi Habie menambahkan, somasi yang dilayangkan merupakan peran aktif para advokat menjaga persatuan dan keutuhan NKRI.

 

"Langkah kami juga sebagai pembelajaran bagi masyarakat agar tak takut melapor sekaligus kanalisasi jangan sampai ada tindakan anarkistis," ujarnya.

 

Jika dalam sepekan tak ada respon dari Mabes Polri, maka ACI akan mendaftarkan berkas gugatan melalui Pengadilan Negeri Semarang, domisili salah satu calon tergugat dan lokasi syuting film berdasar hasil penelusuran tim ACI. (Ristu Hanafi)

 http://jogja.sorot.co/berita-48122-film-kau-adalah-aku-yang-lain-beredar-luas-puluhan-advokat-somasi-mabes-polri.html